Jumat, 31 Juli 2015

Cara menulis melingkar dengan photoshop

BY Unknown No comments

Untuk membuat logo dengan photoshop baik itu logo yang bersifat seperti tulisan maupun logo yang berbentuk gambar banyak cara yang bisa di lakukan dengan tool tool photoshop,tapi disini saya akan membahas cara membuat logo yang paling mudah dan hanya beberapa langkah saja.Saya akan berbagi trik cara membuat logo melingkar /bulat dengan tulisan yang melingkar juga tentunya,trik ini biasa di gunakan oleh para pembuat logo,biasanya di gunakan pada kop surat stempel.Mari kita kita mulai

Langkah -1
  • Buka aplikasi Photoshop anda
  • Buat Layer kerja baru. File - New atau Ctrl+N dan pilih saja web
  • Buat Layer palet baru. klik tombol Create new layer
  • Klik pada tab tool dan pilih Elliptical Marquee Tool.pada tab pengaturan Style pilih Pixed Ratio.
  • Buat lingaran bulat.
  • Setelah itu berilah warna dengan menggunakan tool Gradient Tool. atur warna pada kotak warna foreground pilih warna muda dan pada kotak warna background pilih warna yang lebih tua. pada tab pengaturan pilih kotak warna yang telah anda buat. kotak Foreground to Background.
  • Selanjutnya klik pada garis seleksi atas dan tarik kebawah.
  • Buat Layer palet baru lagi. klik tombol Create new layer.
  • Kemudian klik Select - Modify - Contract. dan pada pengaturan Contract By kasih saja 2
  • Kembali gunakan Gradient Tool. tekan dulu X dan D (foreground harus warna putih.background harus warna hitam) kemudian pada tab pengaturan pilih kotak warna Foreground to Trasparant.
  • Klik pada garis seleksi di atas dan tarik kebawah.
  • Klik dulu layer palet 1. kemudian klik Layer - Layer style - Stroke. pada pengaturan stroke aturlah sesuai keinginan anda,untuk mengganti warna stroke klik saja kotak warna kecilnya dan pilih warna yang anda inginkan.
  • Klik Layer palet 1 dan duplikat dengan cara tekan Ctrl+J. 
  • Klik Layer palet 2 tahan dengan mouse dan pindahkan kebawah di antara Layer palet copy 1 dan Layer palet 1.
  • Kemudian klik lagi Layer palet copy 1 dan perkecil ukurannya dengan cara tekan Ctrl+T. tarik ujung kotak kecil tahan mouse dan tahan tombol Shift dan tarik kebawah.
Hasilnya harus seperti gambar di bawah ini.walaupun warna tidak sama karena keterangan di atas tidak ada perintah untuk memilih warna tertentu,itu tidak masalah no problem. Jika masih bingung coba di baca dulu pada tutorial Cara membuat tombol download klik disini


Langkah 2

1. Klik tab tool dan gunakan Ellipse Tool.klik kanan mouse bila tidak ada dan pilih ellipse tool

2. Sebelum anda membuat lingkaran sebaiknya lihat dulu pengaturan ellipse di atas pilih icon Path setelah itu buatlah lingkaran kira kira saja, saat membuat lingkaran gunakan tombol Shift tahan dan klik mouse pada layer kerja tarik dari atas kebawa.(icon path di lingkari merah)


3. Kemudian gunakan. Type Tool untuk menulis. caranya klik pada garis path ellipse kemudian tulis sesuai keinginan anda.setelah selesai menulis klik Move Tool.ada di tab tool paling atas,fungsinya untuk mengakhiri/enter.


4. Kemudian sesuaikan letak tulisan anda dengan cara. Ctrl+T. cara memperkecilnya tarik kotak kecil garis seleksi sambil tekan Shift tahan. Untuk mempermudah mengatur letak tulisan gunakan Rulers.tekan Ctrl+R kemudian tarik garis rulers dari atas kebawah.


5. Sekarang kita akan menulis pada bagian bawahnya.ini sebuah trick yang sangat mudah
Duplikat layer tulisan tersebut Ctrl+J kemudian klik Edit - Trasporm Path - Flip Vertival..Lanjutkan dengan memperbesar tulisan tersebut Ctrl+T sesuaikan besarnya dengan tulisan yang pertama.


6. Hapus tulisan tersebut. caranya klik 2 kali pada kotak layer palet tulisan Copy 2.(tanda panah hitam) kemudian tekan Delete .Untuk mengakhiri menulis klik Move Tool.

7. Tulislah apa saja yang anda suka '' jangan terlalu panjang nulisnya nanti gak muat'' cukup 1-2 kalimat saja.Atur posisi tulisan kedua agar presisi dengan tulisan pertama,caranya sama dengan yang di atas.


8. Sekarang klik Layer Copy 1. kemudian klik Layer  - Bevels and Embosss

9. Atur pengaturan bevels and emboss sesuai keinginan anda. Atau anda bisa mengikuti seperti gambar ini


10. Untik merubah warna logo tersebut tidak usah mengganti ganti warna,cukup anda gunakan saja Hue/Saturation,pada kotak pengaturan Hue, centanglah kotak kecil Colorize nya.


Hasil akhir

Tips. Untuk mengganti warna tulisan cukup anda klik saja 2 kali pada kotak layer paletnya kemudian pada tab pengaturan klik saja kotak warna kecilnya,maka akan muncul kotak pilihan warna,jika sudah di pilih tekan Ok kenudian untuk mengakhirinya tekan Move Tool. sekian Thanks Sayonara





0 komentar:

Posting Komentar

Tidak punya akun google...? pilih berkomentar anonymous,sertakan nama anda