Jumat, 24 Juli 2015

Daftar Tool Photoshop dan fungsinya

BY Unknown No comments

Diatas adalah daftar tool pada photoshop cs3 beserta inisialnya,apa itu inisial..? inisial adalah awalan huruf nama tool seperti brush tool berinisial B,jika menekan huruf B pada keyboard otomatis panah mouse berganti menjadi brush tool.Adapun pengertian tool adalah alat kerja untunk mengedit sebuah gambar,jika di pertukangan alat kerjanya gergaji,martil,meteran,serutan,pahat dll nah seperti itulah kira-kira.
   Masing masing tool memiliki fungsi dan kegunaannya,tool juga memiliki ruang pengaturan yang di sebut  tab pengaturan,saya contohkan anda sebagai tukang kayu,pastinya alat kerja anda pahat gergaji dll,pahat pada tukang kayu memiliki beberapa jenis mata pahat,gergajipun sama,ada gergaji potong dan gergaji belah,apakah alat kerja mempunya pengaturan..? jawabanya ya,siapa yang mengatur alat pengaturan..? jawabannya anda sendiri yang mengaturnya.
   Adapun alat kerja pada photoshop di bagi menjadi 22 bagian yang mana di dalam setiap bagian terdapat sub bagian dan masing-masing fungsinya sama namun berbeda kegunaanya,dan setiap tool memiliki karakter yang berbeda.Dari 22 bagian di kelompokan menjadi 6 kelompok yang mana pada tiap kelompok akan saling berkaitan fungsi dan kegunaanya,Inisial tebal berarti yang tampil di tab tool.
  1. Kelompok A  fungsinya menyaleksi/mengukur obyak kerja. contoh: kayu sebelum di potong terlebih dahulu di unkur menggunaka meteran,meteran terdiri dari meteran kayu meteran tali meteran penggaris meteran tanah dll.
  2. Kelompok B fungsinya memotong membelah dll Contoh seperti gergaji potong ,gergaji belah.
  3. Kelompok C fungsinya untuk menandai,menjiplak,menghapus tanda,contoh: setelah kayu di ukur dengan meteran tentulah tidak langsung di potong tapi di tandai dulu dengan pensil,di jiplak dengan kertas karbon biru,jika salah menandai akan di hapus dengan penghapus.
  4. Kelompok D fungsinya untuk memoles merapihkan menghaluskan benda kerja yang sudah di potong tadi.contoh: Amplas,gerinda,dan serutan.
  5. Kelompok E fungsinya untuk menbuat pola pada benda kerja yang kemudian akan di beri sebuah lukisan atau akan di cat dengan cat lukisan,tembok,minyak dll.contoh: sebelum di lukis/cat terlebih dahulu di bikin pola,untuk membuat pola di butuhlan peralatan seperti sepidol,kertas,rapido,gunting dll.
  6. Kelompok F fungsinya adalah alat ukur untuk membuat pola,seperti penggaris panjang,penggaris lengkung,skala dll.
Demikianlah fungsi dan kegunaan tool pada photoshop yang saya apresiasikan pada alat pertukangan
sampai disini dulu tutorialnya nanti akan kita bahas lebih mendalam lagi.
Tips.Tidak perlu menghafalakn semua fungsi tool,hafalkan saja inisialnya saja dan nama tool nya
karena dalam setiap tutorial selalu yang di perintahkan adalah inisialnya saja bukan fungsi dan kegunaanya. saya beri contoh pada awal tutorial seperti ini. Buka photoshop anda kemudian buat dokomen baru dan pencet B atur diameternya dan hardnesnya, dalam menggunakan inisial berarti seperti ini. open your photoshop Ctrl+N pencet B berarti panah mouse anda berganti dengan brush tool.coba anda praktekan dan ikuti perintah tersbut.

Jika sudah hapal dengan nama tool yo kita mulai belajar





0 komentar:

Posting Komentar

Tidak punya akun google...? pilih berkomentar anonymous,sertakan nama anda